Jumat, 23 Oktober 2020

BAHASA PEMROGRAMAN DAN NOTASI ALGORITMIK

Notasi Algoritmik merupakan standar yang dipakai dalam menuliskan teks algoritma. 

Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan. Suatu algoritma terdiri dari beberapa sub-algoritma. jika setiap sub aksi juga dapat diuraikan dalam urutan-urutan yang dapat dimengerti dengan baik dan terbatas. Ada 3  jenis notasi algoritma yaitu : 

1. Untaian kalimat Deskriptif,

2. Flowchart , dan 

3. Pseudocode 

Program adalah  sebuah formulasi algoritma dalam bentuk bahasa pemrograman, sehingga siap untuk dijalankan pada mesin komputer.

Bahasa Pemrograman adalah bahasa buatan yang digunakan untuk mengendalikan perilaku dari sebuah mesin, biasanya berupa mesin komputer sehingga dapat digunakan untuk memberitahu komputer tentang apa yang harus dilakukan. 

Salah satu contoh bahasa pemrograman adalah C#. C# adalah bahasa pemrograman baru yang diciptakan oleh Microsoft. Bahasa C# telah distandarisasi secara Internasional oleh ECMA.C# dapat digunkan untuk membangun berbagai macam jenis aplikasi, seperti aplikasi berbasis windows (dekstop) dan aplikasi berbasis web serta aplikasi berbasis web services.

Contoh :

Buatlah program untuk menghitung Luas Persegi Panjang menggunakan bahasa pemrograman C#. kemudian buatlah notasi algoritmiknya.

Jawab : 

1. Algoritma 

- Input nilai Panjang

- Input nilai Lebar

- Hitung Luas Persegi Panjang dengan rumus :

  Luas Persegi Panjang = Panjang x Lebar 

-  Tampilkan output pada monitor

2. Flowchart

3. Pseudocode

Syntax program 


Maka output yang akan dihasilkan adalah 


Program menghitung Luas Persegi Panjang merupakan salah satu contoh program yang dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman C#. Sebenarnya program menghitung Luas Persegi panjang juga dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang lainnya seperti C++ dan Phyton. 


1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Software Requirements Specification for Rancang Bangun Aplikasi Transaksi Toko ATK

Software Requirements Specification for <Rancang Bangun Aplikasi Transaksi Toko ATK > Version 1.0  Prepared by <Adelia Octaviani - ...